Rabu, 15 April 2020

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Vi-A Sd Negeri 004 Balikpapan Barat Dalam Pembelajaran Ips Melelalui Penerapan Metode Guided Note Taking

Setiawati, Setiawati (2017) Meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat dalam pembelajaran IPS melelalui penerapan metode Guided Note Taking. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (1). pp. 49-60. ISSN 1858-3105 (Submitted)

Download Article Berjudul Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Vi-A Sd Negeri 004 Balikpapan Barat Dalam Pembelajaran Ips Melelalui Penerapan Metode Guided Note Taking

Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Setiawati, Setiawati (2017) Meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat dalam pembelajaran IPS melelalui penerapan metode Guided Note Taking. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (1). pp. 49-60. ISSN 1858-3105 (Submitted) pada tahun 2017
  • Judul Article: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Vi-A Sd Negeri 004 Balikpapan Barat Dalam Pembelajaran Ips Melelalui Penerapan Metode Guided Note Taking
  • Jenis file: Article
  • Dalam Divisi: Pendidikan , Kebijakan Umum Kemendikbud , Mutu PendidikanPendidikan , SiswaPendidikan , Sekolah , Pembelajaran
  • Diupload pada tanggal: lpmpkaltim -
  • Terakhir Update pada tanggal: 23 Oct 2019 03:43

Abstract Buku

Kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat pada materi globalisasi terbukti rendah dan tidak mencerminkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas pra penelitian sebesar 68.94 dengan ketuntasan belajar klasikal 51.52%. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Guided Note Taking untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam materi globalisasi; (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam materi globalisasi. Penelitian ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat pada materi globalisasi. Skor rata-rata kemampuan kognitif siswa pada siklus I sebesar 74.7 dan pada siklus II sebesar 81.82 atau meningkat 7.12 poin. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 72.73% dan pada siklus II sebesar 93.94% atau meningkat 21.21 poin. Hasil pembelajaran siklus II telah memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Penerapan metode Guided Note Taking dalam penelitian tindakan kelas telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa sehingga dapat diterapkan pada penelitian lainnya dalam upaya perbaikan pembelajaran.

DOWNLOAD

Jika menemukan link download Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Vi-A Sd Negeri 004 Balikpapan Barat Dalam Pembelajaran Ips Melelalui Penerapan Metode Guided Note Taking yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RepoDikbud

Buku-buku Digital tentang Dunia Pendidikan yang dapat Anda download secara GRATIS.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *