Rabu, 15 April 2020

Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar Dan Di Daerah 3T Melalui Pelatihan

Setiawati, Wiwik (2017) Meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan dasar dan di daerah 3T melalui pelatihan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (2). pp. 185-198. ISSN 1858-3105

Download Article Berjudul Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar Dan Di Daerah 3T Melalui Pelatihan

Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Setiawati, Wiwik (2017) Meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan dasar dan di daerah 3T melalui pelatihan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (2). pp. 185-198. ISSN 1858-3105 pada tahun 2017
  • Judul Article: Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar Dan Di Daerah 3T Melalui Pelatihan
  • Jenis file: Article
  • Dalam Divisi: Pendidikan , Kebijakan Umum Kemendikbud , Mutu PendidikanPendidikan , GuruPendidikan , Guru , Modul Pembelajaran
  • Diupload pada tanggal: lpmpkaltim -
  • Terakhir Update pada tanggal: 21 Oct 2019 08:09

Abstract Buku

Pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan dasar se Indonesia di Kota Makassar diperoleh informasi bahwa secara umum kemampuan guru pendidikan dasar di daetah 3T dalam menganalisis kompetensi dasar dan merumuskan indikator, implementasi teori dan model pembelajaran, penilaian dan pembuatan soal HOTS serta penyusunan RPP sebelum dan sesudah pelatihan mengalami peningkatan secara signifikan,dimana peningkatan terbesar terjadi pada materi analisiskompetensi dasar dan perumusan indikator yaitu sebesar 18%, sedangkan peningkatan terkecil terjadi pada materi penyusunan RPP yaitu sebesar 1%.Peningkatan tersebut dilihat berdasarkan pada hasil pretest dan postest guru dalam mengerjakan soal pilihan ganda untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru terhadap materi pelatihan, dengan menggunakan rumus normalisasi gain dan uji perbedaan rata-rata pretes dan postes dihitung dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan guru terhadap materi pelatihan tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan persentaseN-gain rata-rata hasil pretes dan postes, yaitu sebesar 53,09% untuk keseluruhan guru dan harga thitung= 11,769> ttabel=2.1 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara dua nilai rata-rata pada taraf signifikansi α=0.05. Dari hasil angket dan wawancara diperoleh bahwa sebagian guru belum maksimal dalam merumuskan indikator dan penggunaan model pembelajaran, serta penyusunan soal HOTS dan mereka menyatakan sangat senang dengan adanya pelatihan semacam ini karena mereka mendapatkan tambahan ilmu baru.

DOWNLOAD

Jika menemukan link download Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar Dan Di Daerah 3T Melalui Pelatihan yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RepoDikbud

Buku-buku Digital tentang Dunia Pendidikan yang dapat Anda download secara GRATIS.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *