Senin, 13 April 2020

Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Ix-5 Smp Negeri Balikpapan

Sunardi, Sunardi (2013) Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX-5 SMP Negeri Balikpapan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 7 (2). pp. 111-119. ISSN 1858-3105

Download Article Berjudul Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Ix-5 Smp Negeri Balikpapan

Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Sunardi, Sunardi (2013) Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX-5 SMP Negeri Balikpapan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 7 (2). pp. 111-119. ISSN 1858-3105 pada tahun 2013
  • Judul Article: Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Ix-5 Smp Negeri Balikpapan
  • Jenis file: Article
  • Dalam Divisi: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , LPMP Kalimantan Timur
  • Diupload pada tanggal: 01 Nov 2019 05:05
  • Terakhir Update pada tanggal: 01 Nov 2019 05:05

Abstract Buku

Penelitian tindakan kelas ini dirancang sesuai model Kemmis dan Taggart selama 2 (dua) siklus secara partisipatif dan kolaboratif. Data hasil penelitian ini dianalisa secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas IX-5 SMP Negeri 2 Balikpapan pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71.25 dan pada siklus II menjadi 79.37 atau meningkat 8.12 poin. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II menjadi 87.5% atau meningkat sebesar 17.5%. Prosentase ketidaktuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 30% dan pada siklus II menjadi 12.5% atau mengalami penurunan sebesar 17.5%. Prosentase skor keaktifan siswa pada siklus I sebesar 62.5% dan pada siklus II menjadi 77.5%, atau meningkat sebesar 15%. Prosentase skor minat siswa pada siklus I sebesar 72.5% dan pada siklus II menjadi 82.5%, atau meningkat sebesar 10%. Dalam penelitian ini masih ada 5 siswa (12.5%) yang belum tuntas belajar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meningkatkannya kembali ke arah lebih baik.

DOWNLOAD

Jika menemukan link download Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Ix-5 Smp Negeri Balikpapan yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RepoDikbud

Buku-buku Digital tentang Dunia Pendidikan yang dapat Anda download secara GRATIS.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *