
Download Article Berjudul Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas V Sd Ypk Persiapan Kampung Anny
Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Maga, Yoel (2016) Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika melalui strategi metakognitif berbasis tutor sebaya bagi siswa kelas V SD YPK persiapan kampung Anny. Jurnal Surya, XIV. pp. 37-42. ISSN 23562943 pada tahun 2016
- Judul Article: Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas V Sd Ypk Persiapan Kampung Anny
- Jenis file: Article
- Dalam Divisi: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , LPMP Papua Barat
- Diupload pada tanggal: 30 Jan 2018 08:02
- Terakhir Update pada tanggal: 13 Jun 2019 10:55
Abstract Buku
Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika bagi Siswa SD YPK Persiapan Kampung Anny semester genap tahun ajaran 2012/2013 melalui strategi pembelajaran Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu sadar belajar, perencanaan dan monitoring. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawab sebelum tindakan 62,5%, siklus I 78,125%, dan siklus II 90,32%, 2) siswa mampu mengatasi masalah sebelum tindakan 46,875%, siklus I 62,5%, dan siklus II 80,645%, 3) siswa percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan 18,75%, siklus I 34,375%, dan siklus II 64,516% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 68,75%, siklus I 71,875%, dan siklus II 83,87%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.
Jika menemukan link download Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas V Sd Ypk Persiapan Kampung Anny yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar