Selasa, 21 Juli 2020

Model Pendidikan Keaksaraan Melalui Tik: Optimalisasi Handphone Dalam Pembelajaran Keaksaraan

Suhanda, Endin (2013) Model pendidikan keaksaraan melalui TIK: optimalisasi handphone dalam pembelajaran keaksaraan. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Bandung, Bandung.

Download Buku Berjudul Model Pendidikan Keaksaraan Melalui Tik: Optimalisasi Handphone Dalam Pembelajaran Keaksaraan

Buku ini ditulis atau dipublikasikan oleh Suhanda, Endin (2013) Model pendidikan keaksaraan melalui TIK: optimalisasi handphone dalam pembelajaran keaksaraan. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Bandung, Bandung. pada tahun 2013
  • Judul Buku: Model Pendidikan Keaksaraan Melalui Tik: Optimalisasi Handphone Dalam Pembelajaran Keaksaraan
  • Jenis file: Buku
  • Dalam Divisi: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat , Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat , PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
  • Diupload pada tanggal: 08 Nov 2018 05:29
  • Terakhir Update pada tanggal: 08 Nov 2018 05:29

Abstract Buku

Pendidikan keaksaraan melalui TIK mempunyai tujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melestarikan kompetensi keaksaraan warga belajar pendidikan keaksaraan, melalui optimalisasi piranti HP sebagai media belajar utama pendukung pencapaian tujuan pembelajarannya. Adapun alasan penggunaan HP sebagai katalisator pencapaian tujuan belajarnya, dikarenakan di dalam HP antara lain terdapat: 1) menu panggilan dan penerimaan suara, menu penulisan dan penerimaan SMS, dan 2) aplikasi-aplikasi yang sangat memungkinkan warga belajar untuk intens belajar mengasah kompetensi berkomunikasi, dan mendapatkan informasi sebagai bahan untuk meningkatkan kompetensi menulis, membaca, dan berhitung.Keberadaan model ini bisa dijadikan alternatif solusi untuk menjawab permasalahan utama penyelenggaraan pendidikan keaksaraan di Indonesia, yaitu kompetensi keaksaraan para lulusan program keaksaraan hilang atau menjadi buta aksara kembali, karena tidak memfungsionalkan kompetensi keaksaraan yang diperolehnya dalam aktivitas kehidupannya sehari-hari.Karenanya dalam model terdapat beberapa inovasi yang ditawarkan,: 1) dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang tidak tersekat ruang dan waktu, sehingga mendorong warga belajar untuk lebih aktif belajar mandiri, di luar panti belajar, serta tidak tergantung pada kehadiran tutor, 2) diformulasikan untuk menjaga kelestarian keberaksaraan warga belajar yang selama ini menjadi stigma penyebab timbulnya permasalahan buta aksara kembali, 3) dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, partisipatif, dan komunikatif, karena aktivitas belajar aksara disinergikan dengan aktivitas belajar menggunakan HP, dan 4) dirancang untuk memperkuat minat dan motivasi warga belajar untuk meningkatkan kemampuan keberaksaraannya, melalui pemberian HP sebagai bentuk ragi belajar.

DOWNLOAD

Jika menemukan link download Model Pendidikan Keaksaraan Melalui Tik: Optimalisasi Handphone Dalam Pembelajaran Keaksaraan yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RepoDikbud

Buku-buku Digital tentang Dunia Pendidikan yang dapat Anda download secara GRATIS.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *