Minggu, 26 Juli 2020

Pengaruh Metode Penyadaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Belajar Keaksaraan

Sukmana, Cucu (2016) Pengaruh metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar keaksaraan. Damar Jayagiri, 2016. pp. 33-42. ISSN 20871260

Download Article Berjudul Pengaruh Metode Penyadaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Belajar Keaksaraan

Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Sukmana, Cucu (2016) Pengaruh metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar keaksaraan. Damar Jayagiri, 2016. pp. 33-42. ISSN 20871260 pada tahun 2016
  • Judul Article: Pengaruh Metode Penyadaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Belajar Keaksaraan
  • Jenis file: Article
  • Dalam Divisi: Pendidikan , Pendidikan Nonformal dan Informal , Pendidikan MasyarakatPendidikan , Pendidikan Nonformal dan Informal , Keaksaraan
  • Diupload pada tanggal: Mrs Sofi Suwaris
  • Terakhir Update pada tanggal: 20 Dec 2018 04:07

Abstract Buku

Penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan langkah-langkah dan metode penyadaran, menganalisis pengaruh dan mengetahui kelebihan dan kelemahan metode penyadaran dalam meningkatkan minat baca warga belajar pendidikan keaksaraan di PKBM se-Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.Teori Metode Penyadaran Paulo Fiere terdiri dari 2 indikator metode penyadaran yaitu : 1. Kampanye kemampuan baca tulis hitung 2. Kampanye pasca kemampuan baca tulis.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teknis analisis data adalah regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah 200 warga belajar keaksaraan fungsional di 5 PKBM di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi yang memiliki keterlibatan dalam program keaksaraan. Jumlah sampel yaitu sebanyak 60 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji korelasi dengan menggunakan Pearson Product Moment menghasilkan nilai korelasi 0,467 nilai ini menunjukkan cukup kuat pengaruh metode penyadaran terhadap meningkatnya minat baca warga belajar keaksaraan, dengan koefisien determinasi sebesar 47% hal ini berarti bahwa minat baca warga belajar dipengaruhi oleh faktor penerapan metode penyadaran sebesar 47% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu faktor sarana dan prasarana, kurikulum dan tenaga pendidik.Kesimpulan bahwa deskripsi langkah-langkah metode penyadaran yang dilakukan oleh tutor sesuai apa yang telah disusun oleh tim tutor dari fase I kampanye kemampuan baca tulis hitung dan fase II kampanye pasca kemampuan baca tulis. Pengaruh dari metode penyadaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca warga belajar keaksaraan.

DOWNLOAD

Jika menemukan link download Pengaruh Metode Penyadaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Belajar Keaksaraan yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RepoDikbud

Buku-buku Digital tentang Dunia Pendidikan yang dapat Anda download secara GRATIS.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *