
Download Article Berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Tuntas Pada Materi Komposisi Fungsi Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 1 Sangatta Utara
Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Sahabuddin, Hasnah (2017) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran tuntas pada materi komposisi fungsi di kelas XI MIA 3 SMA negeri 1 Sangatta Utara. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (2). pp. 33-44. ISSN 1858-3105 pada tahun 2017
- Judul Article: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Tuntas Pada Materi Komposisi Fungsi Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 1 Sangatta Utara
- Jenis file: Article
- Dalam Divisi: Pendidikan , Kebijakan Umum Kemendikbud , Mutu PendidikanPendidikan , Guru , Modul PembelajaranPendidikan , Sekolah , Sekolah Menengah Atas
- Diupload pada tanggal: lpmpkaltim -
- Terakhir Update pada tanggal: 22 Oct 2019 02:27
Abstract Buku
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran matematika materi komposisifungsi melalui metode pembelajaran tuntas (mastery learning) di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Sangatta Utaratahun pembelajaran 2015/2016.Penelitian ini dilakukandalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuanproses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan teshasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan dokumentasi. Data tentang aktifitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajarandiperoleh melalui pengamatan dan tes selanjutnya dianalisis, yang merupakan langkah analisis data secaraberlanjut, berulang dan terus menerus yang meliputi 3 halutama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasanselama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil belajarmatematika pada materi komposisi fungsi di kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun pembelajaran2015/2016 mengalami peningkatan, hal ini ditunjukanoleh: (1) Meningkatnya rata-rata hasil belajar matematikasiswa dari siklus I ke siklus II yaitu 76,58 meningkat menjadi 88,61; (2) Meningkatnya ketuntasan belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 orang siswa (58,33%) meningkat menjadi 34 orang (94,45%) pada siklus II; dan (3) Meningkatnya aktivitas siswa tiap pertemuan dari siklus I ke siklus II.
Jika menemukan link download Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Tuntas Pada Materi Komposisi Fungsi Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 1 Sangatta Utara yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar