
Download Article Berjudul Upaya Peningkatan Aktivitas Dalam Pembelajaran Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 016 Balikpapan Tengah
Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Sukarti, Sukarti (2015) Upaya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran PKN menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siswa kelas VI SD negeri 016 Balikpapan Tengah. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX (2). pp. 200-218. ISSN 1858-3105 pada tahun 2015
- Judul Article: Upaya Peningkatan Aktivitas Dalam Pembelajaran Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 016 Balikpapan Tengah
- Jenis file: Article
- Dalam Divisi: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , LPMP Kalimantan Timur
- Diupload pada tanggal: 07 Nov 2019 02:21
- Terakhir Update pada tanggal: 07 Nov 2019 02:21
Abstract Buku
Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tolok ukur keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila hasil belajar peserta didik mampu mencapai nilai rata-rata 65 dan banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai 65 minimal 70%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif. 2) hasil belajar pada pra siklus mencapai rata-rata 63,6 meningkat menjadi 69,2 pada siklus I dan meningkat menjadi 75,4 pada siklus II. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas belajar ada 14 peserta didik (48%) dan yang tidak tuntas belajar 15 peserta didik (52%), pada siklus I peserta didik yang tuntas belajar ada 20 peserta didik (69%) dan yang tidak tuntas belajar ada 9 peserta didik (31%), sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar ada 28 peserta didik (96%) dan yang tidak tuntas belajar ada 1 peserta didik (4%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 016 Balikpapan Tengah pada mata pelajaran PKn.
Jika menemukan link download Upaya Peningkatan Aktivitas Dalam Pembelajaran Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 016 Balikpapan Tengah yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar