Senin, 13 April 2020

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Pintamalem, Pintamalem (2015) Upaya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX (1). pp. 123-136. ISSN 1858-3105

Download Article Berjudul Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Article ini ditulis atau dipublikasikan oleh Pintamalem, Pintamalem (2015) Upaya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX (1). pp. 123-136. ISSN 1858-3105 pada tahun 2015
  • Judul Article: Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
  • Jenis file: Article
  • Dalam Divisi: Pendidikan , SiswaPendidikan , Sekolah , Pembelajaran
  • Diupload pada tanggal: lpmpkaltim -
  • Terakhir Update pada tanggal: 27 Dec 2019 03:48

Abstract Buku

Hasil belajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang, proses pembelajaran atau sarana belajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: terjadi peningkatan prestasi hasil belajar siswa hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai pada setiap siklus dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun diluar kelas, sehingga siswa dapat termotivasi serta memudahkan aktivitas siswa memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Pada siklus I menunjukan peningkatan prosentase aktivitas siswa, pada pertemuan siklus pertama rata-rata nilai siswa 55,60% dan pertemuan siklus kedua 65,63%. Sedangkan dari siklus 2 ke pertemuan siklus 3 terjadi kenaikan presentase menjadi 81,88%. Kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : Hasil belajarpun mengalami peningkatan pada siklus III sebesar 81,88%, disamping itu tanggapan siswa juga positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini terlihat dari angket yang dijawab siswa yang merasa senang dengan model pembelajaran ini.

DOWNLOAD

Jika menemukan link download Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang mati/tidak berfungsi, silahkan tulis di kolom komentar, kami akan memperbaikinya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RepoDikbud

Buku-buku Digital tentang Dunia Pendidikan yang dapat Anda download secara GRATIS.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *